ILC – Nuril: Does Law Work For Poor People

Indonesia Lawyers Club #ILC (20/11/2018) mengangkat tema “Nuril: Benarkah Hukum Tajam ke Bawah?”.

Baiq Nuril Maknun, akhirnya resmi melaporkan HM atas tuduhan melakukan pelecehan seksual via telepon terhadap dirinya. Ditemani 15 pengacara, ia mendatangi ruang Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Nusa Tenggara Barat, Senin 19 November 2018.

#BaiqNuril membawa bukti salinan putusan Pengadilan Negeri Mataram yang menyatakan HM melakukan percakapan mesum dengannya. Laporan balik dilakukan Baiq Nuril, lantaran putusan terhadap kasus yang menjeratnya telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, meskipun Nuril akan melakukan upaya hukum luar biasa, yakni peninjauan kembali (PK).

Usai melaporkan HM, Nuril mengatakan, sudah saatnya dirinya bangkit untuk mendapatkan sebongkah keadilan. Dia yakin, keadilan akan muncul. “Sekarang, maju pantang mundur,” ujarnya, usai melaporkan HM.

“Kita diberitahu, nanti kalau ada panggilan lagi, nanti diberitahukan,” ucapnya menyampaikan kata penyidik.

Baiq juga berterima kasih atas dukungan yang luas dari masyarakat #Indonesia terhadap dirinya.

Jangan lupa untuk subscribe dan share video kita!
Cek juga channel lain nya ya

tvOne News http://bit.ly/2PqGbVb

Talkshow tvOne http://bit.ly/2Do3Z4Y

Radioshow http://bit.ly/2qLJ5oP

SportOne http://bit.ly/2DFdpcX

OnePride Pro Never Quit http://bit.ly/2K61mFX

Damai Indonesiaku http://bit.ly/2zRk5AA

Dan Follow Juga Sosial Media Kami

Twitter: https://twitter.com/tvOneNews

Facebook: http://facebook.com/tvOneNews

Instagram: http://instagram.com/tvOneNews

———————————————————————————

source

45 COMMENTS

  1. Saya nggak suka tapi bukan benci juga sama Fahri Hamzah. Tapi saya sangat sangat sangat setuju kalau komnas perempuan, dan komnasham ada di seluruh Indonesia. Lah masa orang harus jauh2 ke Jakarta sih. Masalah bukan cuma si Jakarta..

  2. Pak Ganjar… Bapak emang ahli hukum. Tahu banget lah. Saya ngerti bapak mau memandang murni hukum. Tapi bapak kurang empati sekali bilang seharusnya dilaporkan bukan diomongin ke orang. Pak, ini pelecehan seksual. Bapak mungkin tidak bisa sampai paham seperti perempuan memahami. Tapi kalau bapak peduli sih (karena bapak punya ibu, mungkin istri juga anak perempuan), bapak bisa lihat banyak kasus kalau sangat sulit bagi korban untuk melaporkan pelecehan yang dia alami. Dan itu salah hukum, aparat hukum, dan masyarakat yang tidak pernah ramah terhadap korban.. Ujung2nya victim blaming. Duh..ini bedalah sama kasus pembunuhan.

  3. Setiap orang berhak menyampaikan buah pikirannya dalam hal mengomentari hal apapun, termasuk rekaman ILC ini. Beretika dan bersolusi sebagai masyarakat Indonesia tentu dasar dalam penyampaian komentar. Baik tidaknya komentar seseorang, itulah pandangan pribadinya. Yang sangat tidak perlu dipertimbangkan atau didengar adalah komentar dari manusia-manusia yang memang manusia seutuhnya, bukan pengecut yang berkomentar dibalik kekerdilannya, ya . . . mereka yang bahkan untuk memposting photo pribadinya di profile merekapun tidak berani. Itulah type mahluk yang sesungguhnya sampah dalam sosial media maupun dalam kesehariannya. T. Kasih.

  4. Dia yg korban, dia udah punya bukti, dan malah dia yg dapat hukuman,
    Hebat 👏👏👏
    Buk nuril yg sabar buk. Seperti itulah nasib kita rakyat jelatah dinegara kita sendiri buk.

  5. tvOne tolong baca status saya! saya seorang oposisi di pemilihan 2019 nanti, saya cuman pengen bilang,
    keseharian pemerintahan jokowi itu,hidup kita itu cuma dibikin kesel , kita di jajah ssama org yg gabisa ngomong disaat ditanya wartawan,
    org yg pelanga pelongo, gaada ketegasan, pemerintahan jokowi itu kaya di pimpin oleh anjing pelanga pelongo, negara demokrasi di kritik di laporin, jokowi waras? dimana demokrasi nya? di kritik ko marah malah di laporin..

  6. Kalo misalnya ibu nuril di nyatakan bersalah krn menyebar luas kn tindak asusila
    Brarti polisi 86 yg melakukan pnangkapan d tmpat² mesum itu kena kasus uu ITE
    klo ada muda mudi mesum d sawah lalu kena grebek truz rekam
    N pasti d sebar
    Kena juga tu uu ITE

  7. Ingat Hakim adalah tangan kanan Allah Swt mksdnya hakim adalah pemberi hukuman kepada yg bersalah.Jadi klw yg gak bersalah tiba2 jadi bersalah dan sebaliknya maka anda akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti bukannya enak memegang jabatan hakim karena pekerjaan ini paling mulia dan juga paling dihindari oleh orang Islam karena klw aj salah memvonis seseorang dosanya berlipat.Sama hal dengan kasus ini padahal yg bersalah kepsek mesum tapi mengapa yg melapor jadi tersangka??
    Padahal yg melapor tidak melapor ke polisi sedangkan yg terlapor melapor ke polisi lsg dipenjara yg melapor apa duitnya deras y??
    Sama hal dengan kasus membunuh untuk mempertahankan diri ini masih diperdebatkan.Klw gak salah ada kasus istrinya diganggu sama tetangga yg kebetulan sudah tua tapi masih genit awalnya dibiarkan tapi dia udah marah dibawanya golok dikerjarnya si tua nih.Eh yg tua melapor malah suaminya dipenjara sedangkan si tua masih bebas hadehhh

  8. JADI PNS HARUS BERSETATUS SEKOLAH TINGGI/TES INI ITU, KALO PEMIMPINYA YANG JADI PEJABAT GA USAH YG PENTING PUNYA DUIT DAN PUNYA KEKUASAAN. DAH SEKARANG BISA MIKIRKAN GMN YG JADI PEMIMPIN2 DARI PARPOL DI DAERAH, OTOMATIS PNSNYA NGIKUT AJA BLEHHH…

  9. Kalo di daerah2 ya begini adanya…
    walkot,bupati,camat,lurah,dpd, dinas2… Cabul…
    Mau brontak? ya harus di buat viral, kalo ngga ya polisi/pengadilan dll di daerahnya udah masuk kekuasaanya, mingkem ajah.
    Ngga semua, tapi rata2…
    WELCOME TO INDONESIA

  10. AKADEMISI AHLI PIDANA UTK SELANJUTNYA ILC TDK GUNAKAN YG INI KRN 1. TDK IMBANG DLM MEMBAHAS SEMUA KASUS TERKAIT DI SINI, TDK HAFAL FASAL TETAPI MERENDAHKAN YANG HAFAL DAN SEBENARNYA TIDAK SIAP/MENGUASAI MASALAH TSB MALAH BANG KARNI LBH MENGUASAI DAN BERIMBANG DENGAN TDK MENGESAMPINGKAN RASA KEADILAN JADI HUKUM TIDAK KACA MATA KUDA!!

  11. Yang bakar bendera tauhid cuma kena 10 hari, denda 20rb. Rezm asu!! Benar2 keji.membiarkan kemaksiatan semena2 & kebal hukum.#2019GantiPresident.kita perlu pemimpin yang perduli pada rakyatnya yg tertindas. Kepala sekolah harus dihukum selama2nya karena sikap terkutuk. Tidak pantas jadi kepala sekolah

  12. Tumben Ah Pak Fahri nyindir Pak Jaksa dari Mataram dengan cara alus,,

    Perihal Gelar Bangsawan Baiq dengan Gelar Haji non muslim,,

    Ketika Baiq dipanggil dengan si nuril, kalo Pak muslim dipanggil dengan Haji Muslim

    Mbok ya gtu kalo bicara perihal pemerintahan dibawah pimpinan pak jokowi, jadi kita bukan emosi dengan pak fahri karena Ucapan frontal tapi kita emosi untuk meningkatkan nalar kita

  13. Setuju dgn statement bang Fahri " haji non muslim" hahaha….msh ga malu menggunakan "haji" atas perbuatan asusila tsb. Ck…ck…ck… Hukum harus bs melindungi kaum perempuan dari predator2 seperti bpk M tsb.

  14. Yang mulia bang KARNI, angkat juga permasalahan guru honorer K2 yang di politisir oleh sebagian oknum pejabat negara tercinta ini, mereka lebih berhak mendapat pengangkatan menjadi PNS tanpa batasan umur dan tanpa tes.
    Setiap nomor ujian tahun 2013 menjadi bukti bahwa mereka sudah mengukuti tes CPNS.
    Kenapa permasalahan lain bisa ditangani, sementara permasalahan honorer K2 dibelitkan.

  15. saya salut kepada paengacara Baiq Nuril..hebat….yang dari pihak Kejaksaan ..maaf pak…anda terkesan saklek kepada aturan .,…anda lupa azas hukum yaitu harus berkeadilan

  16. lucu ya kejaksaan ini..MENGARTIKAN SENDIRI putusan hakim yaitu putusan tidak bebas murni….ini berdasarkan apa aturan ini ??????? itu menghilangkan PRINSIP KEPASTIAN HUKUM !!!!!!… .dan peristiwa ini membuka fakta tindakan administratif di Kota Mataram thd ASN yang melanggar aturan tidak diproses

  17. JAKSA NYA EMANG MUKA KONTOL.. PANTESAN AJA NGEBELAIN SI KEPALA SEKOLAH… ITU MUSTI NYA KEPALA SEKOLAH NYA DI TUNTUT PEMECATAN KARENA SUDAH TERBUKTI SEBAGAI APARATUE SIPIL NEGARA DIA SUDAH TERBUKTI SELINGKUH…

  18. Undang2 yg bikin DPR, ada yg ga memihak rakyat = ganti presiden
    Putusan hakim di pengadilan ada yg ga memihak rakyat = ganti presiden
    Anggota DPR banyak ketangkap KPK = ganti presiden

    Enak nya jadi presiden 😂

  19. 3:00:12 "kita ini pembuat undang-undang, kita tau ngawurnya pembuatan undang-undang"
    Ini orang nyalah2in pemerintah terutama presiden tapi ga nyadar klo statement nya nyalahin diri sendiri.

    Lha wong DPR itu yg bikin undang2 yg dipake untuk penegakan hukum, giliran ada pasal yang ambigu, tajam ke bawah, yang disalahin presiden, otaknya dimana….

    Koar2 bilang indonesia butuh presiden yg ngerti hukum dari sarjana hukum, lha wong presiden itu eksekutif, klo ada yg butuh sarjana hukum itu ya harusnya DPR yg badan legislatif tugasnya bikin undang2. Masa bikin undang2 ga ngerti hukum, pantes kalo banyak pasal yg ngawur 😂

  20. yang baik komentar pak ganjar laksmana…lebih masuk akal, tidak memihak,tidak menjadi hakim atas kasus yg masih bergulir… semoga permasalahan ini betul2 dapat diselesaikan se-ADIL ADIL-nya sesuai pandangan prof. Mahmud MD…

  21. "NEXT TEMA"
    Bubarkan PSSI + LIGA INDONESIA! Sepak Bola Indonesia hanya pemecah belah bukan pemersatu! Fakta tiap daerah lebih fanatik ke daerahnya saja! Beda daerah auto MUSUH! Gak bakal maju kl nonton d kndang lawan saja tdk bisa n tdk aman pdhl msh 1 negara. OLAH RAGA PEMERSATU APANYA! Olah raga sejuta umat iya,Makannya bubarkan saja kalau memang cinta NKRI! Kl d biarkan hnya menumbuhkan benci antar daerah hnya krna brbda tim kesayangam,itu mengancam keutuhan NKRI! Aktifkan lg kl semua suporter sudah bersepakat minimal memberikan jatah tiket 1/4 untuk suporter tamu + jaminan keamanan!

  22. kalau menurut saya dan melihat dari undang undang memang keduanya bersalah.baiq nuril bersalah karena melanggar undang undang ITE..begitu juga sebaliknya mantan kepsek juga bersalah karena melakukan asusila terhadap baiq nuril.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here